Tausyiah Aa Gym


Aa Gym mungkin tidak sepopuler beberapa waktu yang lalu. Tapi tausiyahnya adalah suatu yang masih bisa diambil pelajaran. Rasanya tidak mungkin memungkiri bahwa beberapa hal yang sudah disampaikannya adalah kebenaran juga. Mau bagaimanapun penampilan dan keadaan beliau sekarang, kumpulan tausiyah Aa gym tetap menarik untuk dikaji.

Kedisiplinan dan Keteraturan

Aa Gym sangat perhatian dengan kedua hal tersebut. Hanya dengan kedisiplinanlah semua hal bisa berjalan dengan baik. Jadwal yang padat, anak banyak dari dua orang istri juga mengajarkan kepada beliau untuk sangat disiplin dalam mengatur waktunya hingga semua orang yang berhak atas dirinya bisa berhubungan dengan beliau.

Kedisiplinan ini hampir selalu diutarakan oleh Aa Gym disetiap kesempatan. Misalnya, beliau akan memulai pengajiannya tepat waktu berapapun jumlah hadirin yang ada pada saat itu. Molor waktu? Tidak ada di agenda beliau.

Keteraturan adalah sesuatu yang sangat disukai oleh Aa Gym. Beliau rela menyusun sandal dan sepatu yang berserakan di depan masjid atau ruangan sebelum memasuki masjid atau ruangan tersebut. Mata menjadi tidak nyaman memandang sesuatu yang berantakan.

Beliau berusaha untuk menempatkan segala sesuatunya pada tempatnya dengan posisi yang terartur sehingga mudah diambil dan dipakai oleh siapa pun. Memudahkan dan melayani kebutuhan orang lain adalah salah satu yang diajarkan beliau pada para santrinya yang berasal dari berbagai pelosok negeri dan negara.

Senyum, Sapa, Salam

Tiga teknik dalam bergaul dengan orang lain. Lihatlah wajah beliau. Senyum selalu berusaha hadiri di situ. Setelah senyum, sapa. Sapa yang sederhana ternyata dapat membuat orang lain merasa lebih nyaman. Padahal sapa bukanlah hal yang sulit.

Cukup dengan menghadirkan hati ketika menyapa, maka orang yang disapa akan merasakan betapa perhatian itu bagai embun pagi nan sejuk yang menyirami jiwa nan butuh kedamaian. Salam adalah do’a. Tak sulit juga melakukan hal ini. Ketulusan dan keikhlasan dalam memberikan salam dapat membuat hubungan silahturrahmi semakin erat.

Sibukan Diri Mencari Ridho Allah

Yang membolak-balikan hati adalah Allah. Jadi, yang bisa dilakukan oleh manusia adalah mencari ridho Allah. Menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Lalu, biarkan Allah yang membukakan hati orang lain untuk menyayangi kita. Itulah konsep Aa Gym ketika ditanya apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan jodoh.

Maksudnya, bila kita sudah menjadi orang baik, Insya Allah kita akan bertemu dengan orang baik. Bukankah orang baik hanya akan berkumpul dengan orang baik. Rasanya hati tidak akan tenang berkumpul dengan orang-orang yang terlalu berbeda dari semua hal.

Jadi, kalau ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka yang memohon harus jadi baik dulu. Nanti biarkan Allah mengirimkan orang yang baik juga yang akan menjadi pendamping hidupnya. Cukup sederhana walaupun masih butuh pengimplementasian yang lebih konkret.

Hal ini juga yang menjadi kunci kesuksesan Aa Gym hingga sekarang. Beliau berusaha untuk tidak terlalu risau dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Bagi Aa Gym, apa yang diperintahkan Allah jauh lebih penting dibandingkan dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitarnya.

About these ads